Curhat Pilu Pria Diceraikan karena Ketahuan Simpan Uang Rahasia untuk Naik Haji

Setiap pasangan tentu berharap pernikahannya akan langgeng hingga maut memisahkan. Sayangnya, hal tersebut tak terjadi dengan pasangan asal Malaysia ini yang dijodohkan dan kemudian memilih untuk bercerai.

Kenyataan pahit dialami oleh pria berusia 35 tahun yang menikahi seorang wanita atas pilihan ibunya. Istrinya menceraikan dirinya setelah ketahuan ia menyimpan uang tabungan secara sembunyi-sembunyi untuk naik haji.


Istrinya adalah wanita berusia 27 tahun dan tidak bekerja. Sepanjang pernikahannya selama dua tahun sejak 2019, pria ini memberikan nafkah berupa uang saku, dengan segala perbelanjaan seperti sewa rumah, tagihan dan keperluan lain. Namun, wanita yang dinikahi itu tak menghormatinya sebagai suami, dan kerap berbicara kasar.

"Pernah waktu honeymoon, dia tinggalkan saya di hotel dan pergi keluar bersama kawannya tanpa menghiraukan saya," tulis pria yang berprofesi sebagai guru itu di postingan Facebook Kisah Rumah Tangga yang jadi viral.

"Kadang-kadang istri akan minta saya pulang sebentar ke rumah, minta belikan makanan karena dia lapar dan membuat berbagai permintaan remeh lain," imbuhnya.

Seperti dilansir mStar, pria yang identitasnya disembunyikan ini juga menjelaskan bahwa sang istri tak pernah memasak padahal banyak bahan mentah yang telah dibeli dan disimpan di kulkas. Tak hanya itu, pakaian kotor pun tak pernah dicuci oleh istrinya dengan alasan bosan di rumah.

"Saya pun lelah bekerja tapi terpaksa pulang mengurus pekerjaan rumah tangga. Kami selalu bertengkar tentang hal yang tak sepatutnya dan dia selalu berkata kerjaan rumah tangga ini tak ada gaji," terangnya.

Pertengkaran di antara keduanya pun memuncak saat sang istri tahu jika suaminya ini menyimpan uang bulanan untuk menabung Haji. Pria ini menjelaskan bahwa ia membuat simpanan rahasia untuk Haji dan membawa istrinya menunaikan ibadah di Tanah Suci, tapi sang istri marah dan memilih pergi dari rumah tanpa sepengetahuannya dengan membawa anaknya yang berusia delapan bulan.

"Suatu hari istri marah-marah karena saya simpan RM500 (Rp 1,6 juta) sebulan untuk tabungan haji tanpa sepengetahuannya. Saya beritahu istri bahwa itu adalah simpanan saya dari zaman bujang dan saya berhasrat membuat kejutan padanya suatu hari nanti," ceritanya.

"Hari kedua dia datang ke rumah kami bersama ibunya dan mengambil barang-barangnya dan pulang ke rumah ibunya," jelasnya.

Pria ini kemudian menceritakan telah membuang ego dan kemarahannya dengan memilih menjemput sang istri di rumah mertuanya. Namun, betapa kecewa dirinya saat mengetahui bahwa istrinya telah menyiapkan gugatan cerai.

"Saya pergi ke rumah ibunya untuk membawa mereka kembali ke rumah kami, tapi istri sudah mempersiapkan surat cerai. Hancur hati saya. Di hadapan hakim saya melafazkan talak. Saya kasihan anak, dia tak mengerti apa-apa terpaksa melalui semua ini," ujarnya.

Banyak netizen mengomentari postingan tersebut dengan memberikan kalimat penyemangat untuk pria itu. Tak sedikit dari mereka berharap kebahagiaan padanya.